Gowa – Anteronews | Umumnya masyarakat mengantisipasi segala bentuk ancaman bencana longsor dengan melakukan penanaman pohon-pohon tertentu.

Lain halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Tombolopao Bripka Suherman ini dimana, ia mencoba belajar dari mbah Google tentang manfaat rumput Vetiver yang lebih dikenal dengan sebutan akar wangi.

Hal itu dilakukannya karena wilayah tugasnya merupakan daerah yang rawan longsor dan beberapa kali kejadian tanah longsor terjadi. Karena belajar dari pengalaman yang ada dia lalu mencoba memanfaatkan IT dan mencari solusi untuk mengantisipasi longsor kemudian menemukan jenis tanaman yang sangat bermanfaat untuk mengantisipasi bencana tanah longsor tersebut.

Dengan mendapatkan ilmu dari mbah Google tentang manfaat rumput Vetiver, kemudian ia melakukan uji coba dengan melakukan penanaman Vetiver pada Senin, (27/01/2020) dilingkungam Mapadang Kel Tamaona Kec Tombolopao Gowa.

Dia tidak sendiri namun mengajak beberapa warga menuju lokasi lalu bersama-sama belajar menanam.
Rencana tindak lanjut dari penanaman tersebut akan memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk membudayakan penanaman rumput vetiver tersebut.

“Saya hanya mencoba dan mencari di Google tentang tanaman yang tepat untuk mengantisipasi longsor di daerah tugas saya kemudian saya menemukan lalu saya mencoba menanam bersama warga dan mudah mudahan hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Tombolopao,” ungkap Bripk Suherman merendah.

Terpisah Kapolres Gowa saat mengetahui anggotanya melakukan terobosan baru ini mengatakan,”saya juga baru tahu tentang tanaman ini dan saya mengapresiasi upaya yang dilakukan Bripka Suherman semoga apa yang dilakukannya dapat diikuti oleh warga masyarakat lainnya,” pungkas AKBP Boy Samola