Cegah Covid-19, Don:t Panic

  • Bagikan

Makassar, anteronews – Covid-19 adalah sebuah virus yang menyerang system pernafasan manusia, kini menjadi issu masyarakat global dan menjadi berita utama dalam berbagai media. Virus corona kini sudah merambah ke 121 negara termasuk Indonesia.

Secara psikologis pemberitaan ini pasti membuat masyarakat dan kita semua menjadi gelisah, cemas, was-was, khawatir dengan kondisi tersebut. Menurut para ahli psikiatri bahwa kecemasan adalah sesuatu yang wajar, alami dan pasti terjadi pada setiap manusia ketika keadaan buruk akan mengancam/terjadi.

Meskipun demikian masyarakat tidak perlu cemas dan panic secara berlebihan agar tidak mengganggu psikologis kita dan bertindak irrasional dalam menghadapi wabah yang satu ini. Menurut analisa penulis bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat seharusnya mampu menghadapi wabah virus corona dengan beberapa alasan:

1.Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang religious, taat dalam menjalankan printah agama, memiliki nilai local wisdom yang kuat sehingga ini semua menjadi modal utama dalam membangun mental endurance dalam menghadapi virus corona.

2.Pemerintah Indonesia dengan sangat serius melakukan berbagai upaya/tindakan dalam menangani virus corona baik secara preventif, kuratif maupun tindakan rehabiolitasi.

3.Polri diseluruh tanah air bekerjasama dengan instansi terkait seperti dinas kesehatan dengan sigap melakukan kegiatan orientasi dan sosialisasi kemasyarakat tentang covid-19 dan upaya pencegahannya. Bahkan Kabareskrim polri sedari awal melakukan antisipasi dengan melakukan sidak keberbagai pusat perbelanjaan sebagai antisipasi akan adanya penimbunan alat-alat kesehatan seperti masker dan stok pangan oleh oknum tertentu karena memanfaatkan kondisi yang terjadi.

Oleh karena itu diharapkan masyarakat sedapat mungkin mengedepankan pemikiran akal sehat dengan melakukan upaya-upaya preventif, seperti: pertama, update berita-berita terkini terkait perkembangan dan penyebaran virus corona.

Prof. Dr. Hafid Cangara mengingatkan agar masyarakat sedapat mungkin selektif memilih dan memilah berita/informasi, mana yang benar dan mana yang hoax serta sedapat mungkin bersama sama mengkonstruksi berita-berita positif dan solutif untuk kemaslahatan bersama. Kedua, kenali dengan baik virus tersebut, gejala-gejalanya, dan cara penyebarannya. Ketiga, sedapat mungkin berperilaku hidup sehat, jaga kebersihan diri dan lingkungan, pilih makanan yang halal dan bernutrisi, berolahraga yang cukup agar terbangun imunitas dengan baik. Keempat, perkuat ibadah dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar terbangun kekuatan mental dan spiritual.

Sebab bagaimanapun juga segala bala dan musibah yang terjadi adalah atas izin dan kehendak Allah Swt Yang Maha Kuasa “maa asoba min musibatin illaa biiznillah (QS. 64: 11)”. Manusia hanya berikhtiar dan berserah diri kepadaNya.

Walau bagaimanapun mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati “Al wiqayatu khairun minal ‘Ilaj”. Semoga bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat terlindungi dari wabah covid-19. Amin.

Penulis : Ahmad Raxak

Editor    : Uphi’

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.