Lutim, Anteronews – Mantan politisi Partai Golkar, Sukman Sadike menghimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) netral dan tidak larut dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Rabu (7/10/2020).

“Kalau mau Pilkada Lutim ini aman dan sejuk, tolong teman-teman ASN tidak berafilasi dengan politik. Biarkan rakyat Luwu Timur berdemokrasi,” ungkap Sukman Sadike.

Demikian disampaikan Sukman dihadapan Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas bersama forkopimda saat bertandang di rumah pemenangan Ibas-Rio, Lorong 2, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, baru-baru ini.

Tidak hanya itu lanjutnya, dalam proses Pilkada ini jangan program pemerintah baik APBN, APBD tingkat 1 dan APBD Lutim dipolitisir atau diklaim oleh salah satu pihak untuk mempermulus pergerakan dalam meraih simpati masyarakat.

“Biarkan masyarakat menentukan sikap dan memilih siapa visi misi dari Paslon yang paling tepat dan menyentuh,” tandas Sukman yang juga mantan anggota DPRD Lutim.

Tidak sampai disitu, ia juga menegaskan agar kandidat tidak sibuk dengan mengkanter visi misi paslon. “Mari berdemokrasi yang sehat, jangan saling menghujat, apalagi sampai menjatuhkan lawan,” imbuhnya.

Maka dari itu, mari kita ciptakan Pilkada Luwu Timur yang aman, damai dan sejuk, agar tercipta demokrasi yang sehat, tambahnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas menuturkan kalau dirinya bersama ASN lingkup Pemda Luwu Timur telah menggelar rapat membahas kenetralan ASN di Pilkada.

“Kalau ada yang berafilasi dengan salah satu calon, tentu ada aturan mainnya. Olehnya itu, saya meminta jangan ada gerakan tambahan, karena ketika saya tahu pasti akan saya tindaklanjuti, dan sebaiknya ASN fokus dengan tupoksi kerjanya, tandas Jayadi.(*)

 

Laporan : Nur Alam

Editor : Takim