Maros, anteronews – Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lamacca, Desa Lebbotengngae Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros memberikan bantuan sapi ke warga dengan sistem bagi hasil sebagai salah satu kegiatan BUMdes Lamacca.

Bantuan sapi itu, tertuang dalam musyawarah desa, yang dihadiri Kepala Desa (Kades) Lebbotengngae, Suryanto, Ketua BPD, Ketua BUMdes, para Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan masyarakat desa, jelas Kepala Desa Lebbotengngae, Suryanto, Sabtu (17/10/2020).

Suryanto mengatakan, sebelum menjalankan unit usaha pengemukan sapi tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan musyawarah untuk menganalisis bisnis penggemukan sapi dan potensi keuntungan.

Musyawarah itu juga membahas bagi hasil, yakni, 60 persen keuntungan untuk peternak dan 40 persen untuk pengurus BUMDes.

“Rapat ini perlu dilakukan untuk mengurangi potensi kerugian serta menyelesaikan setiap permasalahan yang mungkin dihadapi oleh pengurus BUMDes,” kata Suryanto.

Modal awal usaha BUMDes Lamacca, berasal dari Dana Desa sebesar Rp. 200 juta. Sebagian dana itu dialokasikan untuk usaha bantuan peternakan dan penggemukan sapi kepada masyakat, yang jumlahnya 17 ekor. (andi guntur/ira)