oleh

Unhas dan Badan Keahlian Sekjen DPR Kerja Sama Tridharma Perguruan Tinggi

MAKASSAR, ANTERONEWS – Universitas Hasanuddin dan Badan Keahlian Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyepakati kerja sama pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Rektor Unhas diwakili Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi dan Kemitraan Unhas Muh Nasrum Massi bersama Kepala Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI Inosentius Samsul di Makassar, Kamis, (19/11/2020).

Samsul mengatakan kerja sama didasarkan pada beberapa hal, di antaranya terkait dengan upaya memenuhi kebutuhan SDM yang memiliki keahlian khusus.

Hal itu, katanya, juga sekaligus sebagai bagian partisipasi publik dengan melibatkan akademisi yang secara empiris mengetahui apa yang terjadi di masyarakat.

“Banyak hal yang perlu pengkajian di DPR, sumber daya kita banyak, tapi sifatnya umum. Olehnya itu, kami melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi, mengingat SDM-nya lebih bervariasi dan fokus pada satu bidang keahlian,” katanya.

Ia mengemukakan tentang pentingnya keterlibatan akademisi kepada kemajuan bangsa dan negara.

“Ini menjadi bagian keterlibatan para akademisi untuk mendarmabaktikan diri pada bangsa dan negara,” kata Inosentinus.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menggambarkan Sekretariat Jenderal DPR RI merupakan unsur penunjang DPR yang berkedudukan sebagai kesekretariatan lembaga.

Dalam peraturan presiden dinyatakan bahwa Setjen dan Badan Keahlian DPR RI merupakan aparatur pemerintah yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggung jawab kepada pimpinan DPR RI.

“Berdasarkan studi literatur dan sistem tata negara, maka lembaga ini penting untuk mendukung anggota dewan guna menghadirkan sistem legislasi yang kuat dan terencana,” kata dia pada acara dengan menerapkan protokol kesehatan itu.

Muh Nasrum Massi menyampaikan Unhas terus mengoptimalkan kerja sama dengan berbagai pihak sebagai bagian dari peningkatan kualitas dan mendukung Unhas dalam “World Class University”.

Sumber : Antaranews

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed