oleh

Pilkada Luwu Timur, Ini Harapan Aktivis Muda Sorowako

LUWU TIMUR, ANTERONEWS – Pilkada serentak diseluruh Indonesia akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020, dan akan menjadi satu moment penting dari intisari demokrasi guna mencatat sejarah baru kepemimpinan di masing-masing daerah.

Tak terkecuali Kabupaten Luwu Timur, yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, yang mana pada perhelatan pesta demokrasi akan diikuti oleh 2 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yakni Husler-Budiman dan Irwan Bachri Syam – Andi Rio Pattiwiri Hatta.

Diketahui, Luwu Timur merupakan sebuah daerah yang berada pada kawasan strategis dengan wilayahnya yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta terkenal pula dengan kemajemukan masyarakatnya dimana berbagai macam suku, dan agama yang dimiliki dan dianut.

Seperti yang dikemukakan Ketua Departemen Partisipasi Pembangunan Daerah, Pengurus Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu Raya (PB-IPMIL Raya) Saum R Rusmana, bahwa banyaknya etnis yang mendiami bumi Batara Guru juga menjadi sebuah tantangan nyata dalam sebuah pengaplikasian pesta demokrasi yang adil. Dimana menurutnya, siapa saja calon kepala daerah harus menjaga dengan baik kondisi di lapangan agar tidak terjadi pertikaian dalam masyarakatnya.

Saum, mencontohkan hal yang miris di setiap pilkada terkadang menimbulkan perpecahan dan konflik sosial ditengah masyarakat, di mana perbedaan pilihan yang tidak disikapi secara dewasa adalah awal terjadinya disharmonisasi dalam kelompok sosial masyarakat.

Darinya itulah, Saum yang juga Putra Sorowako sekaligus ketua bidang hubungan luar Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur (PP-IPMALUTIM) mengajak masyarakat kabupaten Luwu Timur agar menciptakan pilkada yang damai, aman serta tidak mudah terprovokasi.

“Kita ketahui bersama bahwa pilkada ini diikuti oleh dua pasangan calon yang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan, disharmonisasi yang dipertajam dengan munculnya kampanye negatif dan kampanye hitam bisa saja memanaskan tensi politik. Oleh karena itu meskipun masyarakat Luwu Timur berbeda pilihan namun jangan sampai terpecah-belah apalagi salin benci.” tutup Saum.(*)

Penulis : Mohammad Arif Tella

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed