oleh

Kepala Desa Salenrang Maros Cetuskan Sanitasi Air Bersih Mirip PDAM

MAROS, ANTERONEWS – Kepala Desa Salenrang, baru saja berinovasi membuat instalasi air bersih skala desa, yang mengalir 5 Km ke rumah warga Desa Salenrang.

Kegiatan ini telah dikumandangkan Syahrir, sejak dilantik menjadi Kepala Desa Salenrang, Pada 2019 lalu. Saat itu Syahrir berjanji, akan membuat penampungan air bersih dan pipanisasi, mirip PDAM, untuk air minum layak komsumsi masyarakatnya, yang selama ini jadi momok warga disaat musim kemarau.

Sebenarnya pembangunan sarana air bersih Desa Salenrang yang terletak di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros ini, menjadi salah satu tantangan terbesar, karena tingkat keasaman air di wilayah ini sangat tinggi, sehingga tidak layak konsumsi, ujar Kades Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Syahrir, Minggu (27/12/2020).

Bukan cuma itu, lanjut Syahrir, berkat kerja keras kami dan warga Salenrang, beberapa desa tetangga juga sudah bisa menikmati air yang kami rencanakan itu.

“Untuk tahun 2021, program unggulan kami di Desa Salenrang adalah, semua warga sudah bisa menikmati air bersih secara bersama, jelasnya.

Sementara itu Daeng Ratte, salah satu warga Desa Salenrang yang menikmati fasilitas instalasi air ini mengatakan, dengan adanya instalasi air ini sekarang mereka tidak perlu lagi membeli air melalui mobil tanki.

Lanjut Dg Ratte, mengatakan, “Syahrir merupakan satu satunya Kepala Desa di Salenrang, yang kami anggap sebagai Tokoh Pencetus Pembuatan Instalasi Air Bersih berskala PDAM di desanya,” ujarnya.

Untuk pembayaran tergantung pemakaian, kalau saya biasanya cuma 5 ribuan perbulan, saat awal-awal kemarin biayanya juga digratiskan selama 2 bulan, saya sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya instalasi air didesa ini, bukan hanya saya. Warga lain yang menggunakan ini pastinya juga terbantu karena sekarang sudah mudah untuk mendapatkan akses air bersih,” tutup Daeng Ratte.

Laporan : Syafar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed