oleh

Masyarakat dan Aliansi Mahasiswa HIPMI Halteng MU Tolak RDTR-ki PT iwip

HALTENG – Ketua Umum HIPMI Halmahera Tengah, Munawarsyah Musa, mendukung penuh pemuda Sagea Weda Utara atas aksi, Rabu 13 januari 2021, depan pintu utama kantor PT iwip Indonesia Weda by industri part.

“Mengenai Rencana Detail Tata Tuang Kawasan Industri(RDTR-KI),
Sebagai kajian masyarakat Sagea perluasan kawasan perusahaan melakukan ekspansi sampai ke Sagea Weda Utara akan mengancam ekosistem ruang hidup masyarakat Weda Utara atas penyempitan lahan demi kepentingan investor semata.

Apalagi saat ini kita ketahui bersama bahwa Weda Utara adalah kawasan karst yang tempatnya di Goa Bokimaruru, nantinya dijadikan sebagai wisata keunggulan Geopark Goa Bokimaruru dan Talaga Legayalol di Halmahera Tengah yang akan mengenjot PADdes Desa dan Daerah.
Begitu pula dengan masyarakat Weda Selatan Sagea yang mengkonsumsi air dari sungai telaga tersebut.

Kami juga mendesak agar pemda secepatnya fokus merampungkan Dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kab.  Halteng, agar masyarakat dan kami mahasiswa dapat mengetahui Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pada Sub-Sub sektor pengembangan, yakni sektor pertanian,
peternakan, perikanan, pariwisata, dan investasi pertambangan, di daerah Patani. Gebe dan Weda.

Daerah kecamatan dan desa mana yang akan d titik fokuskan dan dikembangkan sebagai sektor ungulan masing-masing kecamatan dan desa agar tidak merugikan masyarakat di Kabupaten Halmahera Tengah dan umumnya masyarakat Maluku Utara.

Maka dari itu, selaku Ketua umum HIPMI HALTENG MU meminta agar Pemda DPRD Kab Halmahera Tengah, mengambil tindakan yang semestinya, memanggil pihak investor agar menolak dengan mempertimbangkan ekologi dan masa depan keberlangsungan masyarakat Kabupaten Halmahera Tengah Maluku Utara.

Jika tidak secepatnya di klarifikasi oleh pihak perusahaan dengan serius, kami mahasiswa akan melakukan aksi dan konsolodasi penolakan,” tegas Munawarsyah.

Penulos : Fian

Laporan : Takim

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed