oleh

Kades Berstatus Tersangka, Warga Desa Sidanga Halteng Keluhkan Sejumlah Berkas Admistrasi

HALTENG – Sejumlah warga Desa Sidanga, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, jumat (15/1/2021) tadi, mengeluh terkait pelayanan administrasi (surat keterangan domisili) yang masih melibatkan seorang Kepala Desa yang telah berstatus sebagai tersangka.

Pasalnya, saat ini Kepala Desa Sidanga tersebut, tersandung kasus dugaan pemalsuan dokumen ijazah, yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Halteng.

Menurut warga setempat, bahwa seorang pejabat yang tersangkut kasus pidana maka mestinya bersangkutan tidak lagi dilibatkan oleh pemerintah daerah.

Terkait hal ini, Kepala Dinas PMD Pemkab Halteng Rustam, saat dikonfirmasi mengatakan ‘seorang pejabat sudah tidak dibutuhkan tanda tangan dalam hal kelengkapan administrasi jika bersangkutan sudah divonis sebagai terdakwa dalam sebuah kasus,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Camat Weda Ilham Hi Suud, Ia mengungkapkan kalau Kepala Desa Sidanga Hernimus Kumai sudah divonis Pengadilan Negeri sebagai terdakwa maka dengan sendirinya bersangkutan tidak bisa lagi melakukan pelayanan di desa.

“Jadi begini, sesuai aturan, jika yang bersangkutan belum divonis sebagai terdakwa maka Kades masih bisa melakukan pelayanan administrasi, selama masih di penjara dan masih dimintai keterangan maka dia masih boleh melakukan pelayanan,” tutur Ilham.

Penulis : Fian/ Lamagi La Ode
Laporan : Takim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed