oleh

Sebanyak 30 Pengurus FOMASITA Menjadi Peserta Ekspedisi Budaya Toraja dari Hasil Penggalangan Dana

TORAJA – Program kerja demi program kerja dimiliki setiap organisasi dan ditargetkan terealisasi pada periode tersebut. Begitupun dengan Forum Mahasiswa Beasiswa Aspirasi Tamsil Linrung (Formasita) dengan total 30 orang peserta dari berbagai kampus mengawali tahun 2021 dengan menggelar ekspedisi budaya di Toraja Utara, dengan tema “Kembara Safari Toraya” yang di laksanakan pada 3-9 Januari 2021, tepatnya di Kelurahan Mentirotiku Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Keberangkatan 30 orang tersebut tidak lepas dari hasil jerihpaya mereka sendiri melakukan galang dana selama kurang lebih dua bulan. Ekspedisi ini merupakan salah satu program kerja dari kluster sosial budaya Formasita yang diawali di Kabupaten Toraja utara. Ekspedisi Budaya Toraja mencakup berbagai item kegiatan di dalamnya, seperti : penelitian budaya Toraja, pentas seni, lapak baca, camp dan sosialisasi beasiswa beserta kunjungan ke tempat wisata yang ada di Toraja Utara.

Ketua Panitia dalam sambutannya menyampaikan “Kegiatan ini diberi tema ‘Kembara Safari Toraya’ yang memakan dana sekitar 15,5 juta yang diperoleh dari hasil galang dana yang dilakukan oleh Anggota Formasita selama kurang lebih dua bulan lamanya. kegiatan Ekspedisi budaya ini dirangkaikan dengan berbagai agenda lainnya seperti lapak baca, sosialisasi beasiswa, pentas seni, camp, kunjungan ke tempat wisata dan lain sebagainya.” Ucap Atriatama Ahmad A. dalam sambutan kegiatan.

Rombongan Formasita juga tidak melewatkan upacara kematian toraja atau yang dikenal dengan “rambu solo” yang saat itu dilaksanakan di kelurahan Pangli Selatan Kecamatan Sesean. Peserta Ekspedisi budaya toraja juga tidak hanya mencukupkan dengan itu, melainkan berkeliling dengan mobil pick up mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana seperti: Kete’Kesu, Lolai (Negeri Diatas Awan), Londa, Baby Gtave, Pasar Pagi Rantepao, berbagai pertokoan/perbelanjaan oleh-oole dan lain sebagainya yang tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ekspedisi ini, formasita juga mengambil peran penting dalam peningkatan minat baca anak-anak dan masyarakat yang ada di sana dengan menyediakan lapak baca yang diisi dengan bermain, belajar dan perlombaan.

Penulis : Risfa (Anggota DPF/PLT Sekretaris Umum FORMASITA).

Laporan : Takim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed