oleh

PMI Sulsel Distribusi Air Bersih ke Pengungsi Korban Gempa di Mamuju Sulbar

MAMUJU – Palang┬áMerah Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan mendistribusikan air bersih ke posko-posko pengungsian korban gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Dilaporkan dari Mamuju, Rabu, 20 Januari 2021, satu unit mobil tangki milik PMI Provinsi Sulsel terlihat mendatangi posko-posko pengungsian di wilayah Kelurahan Simboro.

Mobil tangki PMI itu kemudian menyalurkan air bersih ke berbagai wadah penampungan air yang dimiliki para pengungsi.

Warga korban gempa juga terlihat sangat senang mendapatkan suplai air bersih tersebut.

“Sudah dua hari kami mulai cemas karena stok air bersih kami menipis. Kami sempat mencari ke beberapa posko relawan tetapi katanya stok air tidak ada dan juga masih menunggu pasokan,” kata seorang pengungsi di Simboro.

“Alhamdulillah, tiba-tiba datang mobil tangki dari PMI sehingga kami langsung mengisi semua wadah penampungan air, termasuk tandon untuk persediaan beberapa hari ke depan” tambah warga tersebut.

Sementara, anggota PMI Sulsel yang mengantarkan air bersih kepada para pengungsi Fahmi mengatakan, PMI telah menyiapkan 11 unit truk tangki untuk mensuplai kebutuhan air bersih ke korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene.

“Sembilan truk tangki didatangkan dari Makassar Sulsel, dua unit disiapkan untuk mensuplai air bagi korban gempa di Kabupaten Majene dan tujuh truk tangki di Kabupaten Mamuju,” kata Fahmi.

“Saat ini, sudah datang juga dua unit truk tangki dari Palu Sulawesi Tengah sehingga ada sembilan truk tangki air bersih di Mamuju serta dua di Majene,” tambahnya.

Ia mengatakan, suplai air bersih untuk korban gempa bumi tersebut berasal dari PDAM Mamuju.

Pihak PMI sendiri lanjutnya, akan segera membangun kamp instalasi pengolahan air bersih dengan mengirimkan “water treatment plant/WTP” atau alat penjernih air.

“Tim WASH (Water, Sanitation and Higiene) akan membangun kamp instalasi pengolahan air bersih di Simboro. Sumber air inilah nanti yang akan memenuhi kebutuhan air bersih pengungsi di Mamuju. Alatnya dikirim dari gudang regional PMI di Makassar,” terangnya.

Sebelumnya, tim WASH PMIl Sulsel sudah memantau sumber air untuk pengolahan air bersih bagi warga korban gempa di Mamuju.

“Kami sudah mensurvei beberapa titik di Kabupaten Mamuju dan di sini (salah satu sungai di Simboro) sangat layak dan strategis dibangun kamp instalasi pengolahan air bersih untuk pengungsi,” ujar Koordinator WASH PMI Sulsel Adi.

Sumber : Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed