oleh

Ketua KPK, Bekerja Tanpa Keyakinan Ibarat Tidak Memiliki Roh dan Spirit Kerja

JALARTA –  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta wartawan proaktif membantu menemukan solusi atas persoalan bangsa. Ini merupakan satu dari tiga pesan yang disampaikannya dalam acara Buka Tahun Baru Bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) XVI tahun 2021, Sabtu (23/1/2021).

 

“Yang pertama adalah, rekan-rekan wartawan harus meyakini dalam bekarya Allah menyertai. Sebagai konsekuensinya, wartawan harus proaktif dan tidak pasif dalam melihat dan ikut menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Tanpa keyakinan ini, kita tidak memiliki roh atau spirit dalam bekerja,” ujar Firli.

Kedua, Firli mengatakan Indonesia membutuhkan wartawan terutama pada masa pandemi ataupun bencana. Di tengah ancaman tertular Covid-19, rela berkorban dan simpati adalah spirit yang perlu dibangun wartawan dalam bertugas. Jika wartawan tidak rela berkorban, situasi bakal sulit teratasi karena tidak ada informasi yang masuk kepada pemerintah.

 

“Tanpa spirit bersahaja, solidaritas tidak mungkin akan terbangun. Dalam masa sulit ini, solidaritas harus ditampilkan dengan bersahaja,” tegas Firli.

Firli merupakan salah satu penerima Anugerah “Terima Kasihku Kepadamu” dalam kegiatan Buka Tahun Baru Bersama PWKI kali ini. Tokoh lain yang menerima penghargaan ini adalah Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Perancang Busana Anne Avantie sebagai wanita inspiratif. Buka Tahun Baru Bersama adalah tradisi tahunan PWKI sejak 2005 yang bertujuan memberi semangat nasionalisme dan patriotisme. Pada 2020, pada acara Buka Tahun Baru Bersama XV tahun 2020, Firli Bahuri menjadi narasumber dihadapan ratusan wartawan Katolik Jakarta, yang diselenggarakan di Gedung Lemhannas, Jakarta.

Laporan : syafar

News Feed