oleh

Kasus Bupati Sabu Raijua Terpilih Disebut Warga Negara AS Harus Diusut Tuntas

Jakarta, Anteronews – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menekankan bahwa terpilihnya Orient P Riwu Kore sebagai Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang disebut masih berstatus warga Amerika Serikat (AS), harus diusut tuntas.

Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati mengungkapkan, pihak terkait harus mengusut mulai dari proses verifikasi yang bersangkutan di KPU setempat.

“Tentu harus diusut sampai tuntas bagaimana proses pengecekan berkas administrasinya saat pencalonan yang lalu,” kata Khoirunnisa saat dikonfirmasi MNC Media, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Menurut Khoirunnisa, dalam pemilihan pada saat proses pemeriksaan berkas juga diawasi oleh Bawaslu Kab/Kota. Sebab itu, hal tersebut juga harus didalami. Sehingga, diketahui dimana kesalahan prosedurnya.

“Kemudian Dukcapil juga perlu memberikan keterangan, karena yang bersangkutan kan memiliki KTP-El,” ucap Khoirunnisa.

Dalam UU Kependudukan, Khoirunnisa menyatakan bahwa, warga negara asing yang menjadi penduduk tetap bisa mendapatkan KTP-El, tetapi perlu diperbaharui terus KTP-El-nya tersebut.

Sebelumnya, Bawaslu Sabu Raijua mengklaim telah memperoleh kepastian status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore.

”Pihak Kedubes AS di Jakarta sudah memberikan konfirmasi dan mengiyakan bahwa yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS,” kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yugi Tagi Huma saat dihubungi dari Kupang. (*/sumber : Okezone).

News Feed