oleh

Terjang ombak Melanda, Merusak Talud Penahan Ombak di Patani Utara

 

Halteng, Anteronews – Fenomena gelombang tinggi yang melanda di Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Desa Tepeleo batu dua, dihebohkan dengan ombak yang berdampak kerusakan Talud penahan ombak, menggangu aktifitas masyarakat sekitarnya, Sabtu pagi, (02/20/2021).

Salah satu warga Fifi Tarni mengatakan, terjang ombak juga membuat sejumlah fasilitas pohon yang berfungsi sebagai sabuk hijau penahan abrasi pantai dan penangkis angin dan bertumbang dan memperparah tingkan abrasi di Kawasan pantai tersebut.

“Selain itu merusak talud penahan ombak, jalan dan membuat pohon tumbang, fenomena gelombang tinggi tersebut terjadi sekitar pukul 7:00 wit, di Desa Tepeleo batu dua, Kecamatan Patani Utara”,katanya.

Lanjut dia, bahwa megamuknya ombak dipagi – siang pukul jam, 2:35 wit tidak ada perubahan ombak semakin besar yang merusak fasilitas umum. Pengamatan warga yang melaporkan ke wartawan.

” Kejadian tersebut sudah berulang-ulang kali terjadi tapi dini hari warga semakin panik dengan fenomena gelombang tinggi ombak yang begitu besar dan merusak beberapa fasilitas baik itu reklamasi, dan lokasi pemakaman (kuburan) dan talud penahan ombak,” ungkapnya.

Kerusakan jalan akses Tepeleo ke desa pantura jaya terhambat karena tidak bisa lewat nota benenya masyarakat desa tepeleo dan pantura jaya saat beraktifitas di kebun. (*)

Penulis : Supriansa /Alis.

News Feed