Kapolres Gowa Mengawali Tugas Perdananya Dengan Berziarah ke Makam Raja-raja

  • Bagikan

GOWA – Awal tugas perdananya di Polres gowa, Kapolres AKBP Tri Gufforudin P, SIK, MH, mengunjungi beberapa Makam Raja-Raja Gowa yang ada di Wilayah Kecamatan Somba opu.
Senin (21/06) Pukul 09.30 Wita.

Saat berziarah ke makam raja-raja gowa, Kapolres di dampingi oleh Wakapolres gowa Kompol Soma Miharja S.Sos, MM dan Kapolsek Somba opu Kompol Abdul Rasjak S.Sos, MH, serta Panit 1 Binmas Iptu H. Mannyaurang SH.

Adapun kunjungan awal Kapolres bersama rombongan berziarah yakni di Makam Sultan Hasanuddin Jl. Tumanurung Kel. Katangka Kec. Somba opu gowa yang disambut oleh tiga pilar Lurah Katangka Hikmatullah, Bhabinkamtibmas Bripka M. Arafah dan Babinsa Sertu Ahmad serta juru kunci/juru pelihara makam Bpk. Syahrul dg. Nyau.

Kapolres gowa saat ziarah ke makam Sultan Hasanuddin Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape memanjatkan Doa kepada Para raja dan sesepuh agar mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT. kemudian lanjut ke makam para sesepu kerajaan yang lainnya dengan di tuntun oleh juru kunci makam.

Selanjutnya Juru kunci makam Bpk. Syahrul Dg Nyau menjelaskan secara gamblang kepada Kapolres Tri Goffarudin dan rombongan tentang sejarah singkat para raja sebagai pejuang Nasional sampai beliau di makamkan di pemakaman raja-raja gowa.

Lebih lanjut Kapolres gowa diperkenalkan ke tempat Batu Pallantikang tempat dimana di lantiknya para raja-raja sampai dinamakan batu Pallantikang dan jalan pallantikang.

“Bapak Kapolres duduk dibatu pallantikang sambil ber Doa sebagai ungkapan rasa syukur dan terimah kasihnya kepada Allah Swt bisa berziarah dan menjabat di Kab. Gowa.”

Kemudian melanjutkan kunjungannya ke masjid tua katangka untuk melaksanakan shalat sunnah Dhuha dan selanjutnya ke makam Syehk Yusuf di jalan Syehk Yusuf Kel. Katangka gowa.

Setiba di makam Syehk Yusuf disambut langsung oleh Juru kunci makam Bpk. Mujiburahman Daeng Sigollo, dan menuntunnya masuk ke pelataran makam selanjutnya menjelaskan sejarah singkat Syehk Yusuf bersama keluarganya sampai beliau wafat dan di makamkan di pemakaman ini.

“Harapan Kapolres Gowa dalam kunjungan Ziarahnya di Makam raja-raja gowa sebagai pahlawan Nasional perlu di jaga dan di lestarikan sehingga nilai Kharismatik dan Marwahnya tetap terjaga di penjuru Dunia.”

Ditambahkan pula bahwa kedatangan kami berziarah sekaligus silaturahmi dengan juru kunci makam disini sebagai bentuk penghargaan kami selaku Pejabat Kapolres Gowa yang baru dan berharap kedepannya masyarakat gowa dapat bekerja sama dalam menjaga Kamtibmas dan menjalin komunikasi dalam mempererat Budaya Kearifan lokal. pungkasnya.

“Tentunya kami juga berharap selama memimpin di Kab. Gowa Situasi Kamtibmas tetap aman dan lancar,” tutup Kapolres AKBP Tri Gufforudin P, SIK, MH.

Humas Somba

  • Bagikan